Ilmu Komputer

Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) Masa Depan

Artificial Inteligence (AI) berawal di abad 17. Pada tahun 1950-an merupakan periode usaha aktif dalam AI. Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika.

Berikut beberapa pengertian AI (Kecerdasan Buatan) menurut para ahli:

1. H. A. Simon (1987)
Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas.

2. Rich and Knight (1991)
Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.

3. Encyclopedia Britannica
Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.

Artificial Intelligence Masa Depan

Ada beberapa contoh AI masa depan yang pada saat ini sudah mulai terlihat perkembangannya, diantaranya adalah:

1. Konsep iPhone Masa Depan

Pada saat ini, iPhone sudah memiliki konsep yang cukup baik sehingga berhasil menarik minat pasar. Namun tahukah kalian bahwa iPhone memiliki konsep yang lebih luar biasa untuk iPhone masa depan?
Dari mulai iPhone yang memiliki virtual keyboard yang dapat disentuh di sembarang permukaan datar, hingga transparent screen. Hal tersebut tentu sangat menarik bagi para penggila gadget.

120710-spider-300x168
Konsep iPhone pertama yang akan dibahas adalah iPhone 5 Spider. iPhone yang satu ini dibuat menyatu dengan jari tangan mirip laba-laba sehingga bisa merekat pada jari jemari tangan. iPhone 5 Spider ini didesain oleh Federico Ciccarese.

cleariphone04

cleariphone05

cleariphone11

images

iphone-next-g001
Yang kedua adalah konsep iPhone dengan Transparent Screen yang membuat iPhone tampil lebih jernih.

Pada saat ini, kita sudah mulai menuju ke konsep iPhone masa depan tersebut. Karena sudah terlihat sekarang ini berbagai smartphone didesain semenarik mungkin dan senyaman mungkin bagi penggunanya. Maka bukan tidak mungkin konsep iPhone masa depan tersebut akan segera terwujud.

2. Kamera Masa Depan dengan Lensa Sangat Kecil

Kamera kualitas SLR namun dengan body ramping dan mudah digenggam mungkin saat ini sudah mulai banyak beredar di pasaran, namun kamera masa depan yang satu ini merupakan terobosan yang lebih canggih lagi. Karena selain body yang ramping dan mudah dibawa, kamera ini memiliki konsep yang terinspirasi dari kamera konsep WVIL yang ditampilkan di CES. Kamera ini menggunakan media wireless sebagai penghubung dengan device lain. Desainer yang memiliki ide mengenai konsep kamera masa depan ini adalah Mac Funamizu.

camera3

camera5

camera6

camera4

camera

camera2

Saat ini sudah mulai diproduksi dan dipasarkan kamera berbasis media wireless. Sehingga pengguna kamera dapat dengan mudah mengunggah foto yang diambil kapan pun dan dimanapun. Selain itu, bentuk kamera pada saat ini sudah sangat beragam.

Referensi:

Pengertian Artificial Intelligence (kecerdasan buatan)


http://iputuwirakaskus.blogspot.com/2013/03/konsep-iphone-masa-depan.html

Kamera Masa Depan Yang mempunyai Lensa sangat kecil

Leave a comment